Minggu, 15 Januari 2017

Penjualan iPhone di Dunia Turun

 Apple baru saja mengumumkan laporan keuangan kuartal empat 2016. Malangnya, isi laporan itu menyebut terjadinya penurunan penjualan iPhone di dunia, sehingga total pendapatan Apple pun turun.



Total pendapatan tersebut, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Engadget, Kamis (27/10/2016), terdiri dari hasil penjualan semua jenis perangkat genggam Apple, yaitu iPhone, iPad serta Mac.

Nilai penjualan masing-masing perangkat tersebut adalah, 45,5 juta iPhone, 9,3 juta iPad serta 4,9 miliar Mac. Secara perhitungan year-on-year, total penjualan 2016 menunjukkan adanya penurunan 5,2 persen pada iPhone, 6 persen pada iPad, serta 14 persen pada Mac.

Secara nilai, total pendapatan Apple di kuartal empat 2016 lalu adalah 46,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 609,8 triliun.

Kendati angka tersebut masih tergolong besar, namun ada indikasi penurunan sekitar 9 persen dibandingkan pendapatan perusahaan pada kuartal empat tahun lalu, yang mencapai 51,50 miliar dollar atau sekitar Rp 669,6 triliun.

Apple memang masih memiliki sejumlah produk lain, seperti Watch, earphone Beats, dan iPod. Namun produk-produk itu belum mampu berkontribusi banyak pada pendapatan Apple.  Pemasukan yang diperoleh hanya 2,2 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 28,6 triliun. Terjadi penurunan pendapatan sebeasar 21 persen untuk produk kategori tersebut pada kuartal kali ini.

Meski sejumlah area mengalami penurunan penjualan, ada satu kabar baik dalam laporan keuangan tersebut. Pada total pendapatan dari seluruh produknya, ada iTunes Store dan Apple Music yang masih mencatat pertumbuhan.

iTunes Store dan Apple Music berhasil mengantongi pendapatan sebesar 6,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 81,9 triliun. Angka ini merepresentasikan kenaikan pendapatan sebesar 23,5 persen dibandingkan kuartal yang sama pada tahun lalu.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda